MENGAPA LOVEBIRD TIDAK MAU BERJODOH ?

damai-9. Saat ini penggemar lovebird semakin banyal peminatnya, seiring bertambahnya penyuka burung yang lagi naik daun ini, semakin banyak juga para penggemar yang ikut-ikutan ingin mengembangbiakkan lovebird dengan cara menangkarkan (breeding).

Tidak semua orang terutama pemilik lovebird dengan mudah berhasil breeding lovebird. Banyak kendala yang sering dialami oleh para kicau mania yang sering kita dengar dengan berbagai alasan, ada yang tidak mau jodoh padahal sudah benar-benar beda jenis kelamin, ada lagi yang sudah berjodoh tetapi tidak kunjung bertelur, ada juga yang sudah bertelur namun indukan tidak mau ngerami, tidak sedikit yang sudah mau ngerami tetapi tidak mau menetas dan bahkan ada juga yang sudah bisa hingga menetas tetapi tidak bisa selamat hingga menjadi dewasa. Itulah beberapa kendala yang dialami oleh sebagian peminat lovebird.

Banyak penyebab dan alasan dari masing-masing permasalahan di atas. Sebagaimana judul di atas kita akan bahas terlebuh dahulu terkait dengan Mengapa lovebird tidak mau jodoh padahal sudah benar-benar beda jenis kelamin ?

1.    Pertama kali kita lihat dari segi usia lovebird antara jantan dan betinanya. Cenderung ada selisih usia sekitar 3 – 6 bulanan antara si jantan dan betinanya, yaitu jantan lebih tua dari si betina, jika hal itu terbalik maka susah untuk bisa berjodoh dan bahkan si jantan akan menjadi kalahan oleh si betina

2.    Kedua, jika usia sudah mencukupi, dalam hal ini sudah sama-sama dewasa tetapi belum jodoh juga, amati kesehatan dan tingkat birahi si burung, jika memang burung sudah sehat secara fisik maupun mental untuk bisa menaikkan birahi, berikan makanan tambahan sebagai supplement untuk menaikkan birahi burung seperti jagung muda, kangkug dan juga biji kuaci.

3.    Selebihnya, lakukan perawatan normal seperti biasanya dengan cara jemur rutin, mandikan secukupnya saja tetapi tidak terlalu sering karena jika kita sering mandikan burung justru akan semakin menurunkan tingkat birahinya, berrarti pemahama sebaliknya adalah dalam proses agar burung cepat jodoh dengan cara mengurangi volume mandi.

BISA DI LIHAT : Lovebird sedang Nyusun Sarang



Adapun tanda-tanda Lovebird yang sudah berjodoh adalah sebagai berikut:

-       Lovebird akan selalu berdampingan dan saling meloloh

-       Bila terlihat sudah dekat, coba sesekali pisahkan untuk beberapa saat sambil amati, bila diantara keduanya saling saut-sautan dan selalu nempet ruji kandang secara otomastis berarti memang sudah berjodoh dan siap naik pelaminan.

-       Bila jantan sudah terlihat siap kawin, maka akan terlihat sang jantan meloloh betinya dan betina meminta disuapi oleh si Jantan.

-       Setelah benar-benar berjodoh, beberapa hari kemudian pasangan akan kawin.

-       Lovebird jantan biasanya mendekati betina sambil memutar-mutarkan badan kemudian betina membuka sayap dan standby untuk menunggu si jantan naik ke atasnya.

Jika beberapa hal di atas sudah berlangsung makan selanjutnya Lovebird akan segera menysun sarang dan untuk selanjutnya bertelur dan seterusnya.

Saat-saat seperti itulah yang kita tunggu-tunggu, jiak sudah terjadi lovebird nyusun sarang maka tunggulah dan rawatlah dengan secara teliti dan suasana di sekitar kandang juga diusahana yang tidak terlalu ramai dengan hilir mudik hal-hal yang bisa mengusik ketengan lovebird pada saat bertelur dan bahkan pada saat ngerami.


0 Response to "MENGAPA LOVEBIRD TIDAK MAU BERJODOH ?"

Post a Comment