CARA MERAWAT LOVEBIRD USIA BALIBU / LOVEBIRD BABY AGAR BISA NGEKEK PANJANG

damai-9. Cara Merawat Lovebird Usia Balibu / Lovebird Baby agar Bisa Ngekek Panjang - Penggemar Lovebird semakin hari semakin bertambah.. bertambah… dan bertambah. Seiring dengan semakin ramainya peminat Lovebird banyak cara yang dilakukan oleh penggemarnya hingga ingin mencoba untuk beternak (breeding) sendiri, apalagi breeding lovebird tergolong pekerjaan yang lebih murah, mudah, praktis dan lebih simple jika dibandingkan dengan ternak burung-burung ocehan jenis lainnya.

Baca Juga : 

LOVEBIRD “BOHAY”, TURUN PERDANA LANGSUNG NYABET JUARA 1, BAGAIMANA CARA PERAWATANNYA ?


Saat ini sedang tenar dan banyak diperbincangkan untuk diikutseratakan dalam lomba untuk kategori Lovebird Usia Dibawah Lima Bulan (BALIBU). Banyak alasan yang diutarakan oleh beberapa Lovebird Mania tentang kelebihan lovebird yang usianya belum mencapai lim abulan tersebut, diantaranya menurut kawan saya, sebut saja Om Wit menjelaskan, “Balibu itu kalo pas lagi ngekek luamayan panjang dan ngekeknya rapet” katanya.

Banyak Event Organizer (EO) sekarang ini yang melombakan lovebir Balibu tersebut dan dibeberapa event yang diadakan selalu saja full gantangan, artinya menandakan bahwa peminta Lovebird terutama untuk kategori balibu sangatlah tidak sedikit.

Ada beberapa cara dalam mensetting Lovebird umuran Balibu agar bisa ngekek panjang pada saat di gantangan, diantaranya adalah:

1. Awal mula pada pagi hari setelah subuh sekitar pukul 5 burung dikeluarkan untuk proses pengembunan. Sangat banyak manfaatnya. bisa dibaca Apa Manfaat Pengembunan Bagi Lovebird ?

2. Pada pagi dimulai dari pukul 7.00 Lovebird dikeluarkan untuk proses penjemuran, tidak perlu digantang dulu, pada saat matahari sudah mulai menampakkan, semprot atau mandikan Lovebird balibu dengan spray halus saja, cukup 5-10 menit saja jangan sampai terlalu basah. Selanjutnya di jemur sampai + pukul 8.00 – 9.00 an disambil di gantang di teras yang bisa terkena sinar matahari langsung.

3.  Setelah dijemur sekitar 1 jam, gantung Lovebird di teras rumah dengan posisi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, lebih diutamakan yang disekitar rumah terdapat pepohonan sehingga bisa menambah suasana sejuk si burung yang bisa menambah asupan oksigen dari proses pembakan tumbuhan tersebut.

4. Lakukan pemasteran terhadap Lovebird Balibu tersebut dengan suara masteran lovebird ekek panjang, atau jenis-burung yang ocehannya hampir serupa dengan lovebird seperti kenari dan lain-lainnya. Tidak perlu lama-lama dalam proses pemasteran tersebut, cukup + 1 jam saja. Pada saat memaster agar suara mudah terekan, lebih baik kondis kandang dikerodong.

5. Untuk makanan cukup berikan khusus untuk lovebird seperti biasanya dengan diselingi berupa jagung muda dan racikan kangkung masing-masing berikan dalam seminggu cukup 2 kali saja.

6. Pada sore hari burung dimasukkan ke dalam rumah dan dikerodong hingga pagi hari setelah subuh burung dikeluarkan kembali seperti biasanya. Dan agar dilakukan secara rutin seperti ini.

Banyak informasi di beberapa sumber di internet tentang kelebihan lovebird balibu jika dibandingkan dengan usia lovebird yang lebih dewasa. Namun kembali lagi, langkah yang dilakukan tentunya tergantung pada kita selaku pemiliknya bagaimana mensetting lovebird balibu milik kita tersebut agar berkualitas dan memiliki prospek bagus hingga akhirnya bisa menjadi lovebird yang memiliki prestasi. Tidak serta merta begitu saja lovebird kita langsung bisa menjadi lovebird yang berprestasi, tetapi tentunya dengan rawatan yang dilakukan secara continue dan konsisten yang Insya Allah akan membentuk lovebird Balibu kita menjadi lovebird kesayangan yang moncer.

Demikian semoga bermanfaat  

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

 Cara Beternak Love Bird Secara Simpel
♦ DOWNLOAD Suara Lovebird Ngekek Panjang MP3

0 Response to "CARA MERAWAT LOVEBIRD USIA BALIBU / LOVEBIRD BABY AGAR BISA NGEKEK PANJANG"

Post a Comment