CARA MENGOBATI SNOT PADA LOVE BIRD DAN PENYEBAB SNOT

damai-9. Kecenderungan untuk selalu ingin mengupdate artikel sangat banyak yang berada di benak pikiran, kira-kira apa saja artikel yang akan dituliskan di blok ini, namun terkadang terbengkalai dengan kewajiban utama (nguli) yang memang membutuhkan waktu full time selama office hour. Yah begitulah resiko “kuli”.

Di sela-sela waktu longgar sedikit menyempatkan untuk mencoba mengupdate artikel. Kali ini yang ingin saya posting adalah tentang bagaimana cara mengobato penyakit snot pada Love Bird.

Sebelum kita bahas perihal bagaimana cara mengobatai snot pada Love Bird, tidak ada salahnya jika kita lebih dulu tahu dan faham apa saja sih penyebab snot itu?

Adapun beberapa penyebab snot diantaranya adalah : 

- Kondisi kandang yang kurang bersih, serta sirkulasi udara yang tidak normal.
- Burung terlalu sering terkena asap, baik asap dapur, asap rokok, asap pembakaran sampah di depan rumah mungkin, asap kendaraan, asap mesin diesel dan lain-lainnya bisa juga menyebabkan Lovebird terserang snot.
- Sinar matahari secara langsung terutama di siang dan menjelang sore hari sekitar pukul 3-4 itu juga kurang bagus jika terjadi pada lovebird, sehingga itupun juga bisa mengakibatkan snot, dan ada beberapa cara yang dilakukan beberapa lovebird mania untuk menhibdari cara tersebut dengan cara menkeredongnya.
Dan masih banyak lagi penyebab snot lain yang banyak dijelaskan di internet


Selanjutnya cara mengobati snot pada love bird diataranya adalah sebagai berikut :

§  Tempatkan burung ditempat yang tenang dan jauhkan dari burung lain agar tidak menular.
§  Pastikan kebersihan sangkar
§  Pastikan burung mendapatkan udara segar untuk mempercepat penyembuhan
§  Burung tetap dimandikan setiap pagi hari dengan air daun sirih
§  Burung tetap dijemur tapi jangan lama, 15 menit saya rasa cukup untuk menghangatkan tubuh
§  Setelah dijemur diangin-anginkan dan dikrodong dengan krodong yang tipis saja agar udara segar dapat masuk dan tidak pengap.
§  Berikan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh.

Secara alamiah ada beberapa yang bisa mengobati snot, ada beberapa kawan yang menggunakan daun sirih merah dan juga bunga kitolot, dan cara menggunakannya dalah sebagai berikut :

§  Daun Sirih Merah. Caranya, berikan 5-7 lembar daun sirih diremas2 dan dicampur dengan 1 liter air, lalu digunakan untuk memandikan burung agar bakteri yang menempel pada burung cepat hilang. Daun sirih merah ini juga sudah terbukti khasiatnya sebagai bahan antiseptik yang dapat membunuh bakteri kuman penyakit.

§  Daun Sirih Merah untuk tetes mata, untuk membuat tetes mata ini siapkan 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih kemudian diremas sampai halus, remasan halus ini jika dipencet akan keluar air yang licin, air itulah yang digunakan untuk obat tetes mata, agar lovebird cepat sembuh teteskan 3 x 1 hari.

§  Bunga Kitolot, sudah tidak diragukan lagi kasiat bunga kitolot untuk pengobatan mata, mata snot dan katarak pun perlahan sembuh dengan bunga ini. Cara pembuatannya seperti daun sirih tadi bunga cukup dicuci dan diteteskan langsung pada mata burung. Karena rasanya pedih mungkin burung akan mengeluarkan air mata lebih banyak, air mata inilah yang akan membuang kotoran yang ada didalam mata. Jika tidak menemukan daun kitolot disekitar anda sekarang banyak dijual dikios burung obat tetes mata yang terbuat dari daun kitolot.


Beberapa pendapat yang masyhur, snot lebih sering terjadi karena burung mengalami masalah pernafasan, maka dari itu fungsi udara segar sangatlah berkhasiat untuk menjaga kesehatan burung agar tetap selalu tampil prima dan terjaga kjesehatannya.

0 Response to "CARA MENGOBATI SNOT PADA LOVE BIRD DAN PENYEBAB SNOT "

Post a Comment