Penyebab Indukan Lovebird Tidak Mau Mengerami Telurnya

damai-9. Penyebab Indukan Lovebird Tidak Mau Mengerami Telurnya. Tahapan ke sekian kali yang bisa dianggap sebagai langkah keberhasilan setelah tahap proses penjodohan kemudian dilanjutkan dengan proses kawin yang diiringi dengan tahap indukan lovebird bertelor yaitu proses pengeraman oleh sang induk.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Lovebird yang Memiliki Prospek Bagus
Untuk membaca, klik tulisan yang bergaris bawah di atas.

Tidak sedikit dalam proses breeding Lovebird yang sering terjadi khusunya pada tahap mengerami telur oleh indukan mengalami kegagalan yang akhirnya berimbas pada telur-telur yang ada tidak menetas.

Banyak penyebab yang mengakibatkan indukan Lovebird tidak mau mengerami yang ditandai dengan terlalu sering indukan keluar dari glodok tempat ia bertelur. Berikut adalah beberapa penyebab yang sering terjadi:

1.     Suasana di Sekitar Glodok Terlalu Brisik

Penyebab ini yang paling sering terjadi diantara beberapa penyebab lainnya. Kondisi di luar glodok yang terlalu brisik seperti, anak-anak keseringan bercana di sekitaran glodok dengan suara-suara candaan sambil memegang kandang tempat indukan lovebir dbertelur sangat berakibat fatal dan akhirnya indukan akan lebih memilih keluar dari glodok daripada tidak nyaman di dalamnya.

2.     Udara di dalam Glodok terlalu Panas

Hal ini juga menyebabkan indukan tidak nyaman di dalam glodok karena sangat panas, sehingga indukan mendingan milih keluar dari glodok. Hal ini biasanya terjadi pada saat musim kemarau. Bagaimana strategi agar sekalipun di musim kemarai tetapi indukan lovebird merasakan nyaman pada saat mengerami ? caranya adalah, jika kandang penangkaran berada di luar rumah, usahakan kandang penangkaran yang kita buat terletak di sebelah timur rumah kita artinya bisa terhindar dari matahari terik pada saat siang menjelang sore hari, tetapi jika hal tersebut tidak memungkinkan dan harus berada di sebelah barat rumah, maka berilah penghalang yang bisa mengurangi efek panas dari senar matahari tersebut sehingga sinar matahari tidak langsung menyorot ke kandang tersebut.

3.     Lovebird Jantan (Pasangan) Over Birahi (OB)

Tidak sedikit karena kesalahan pemberian makanan yang kita berikan pada saat Lovbird betina akan mengerami telur-telurnya hingga menyebabkan si jantan OB, seperti pemberian kangkung dan biji kuaci hendaknya tidak perlu diberikan terlebih dulu karena untuk menjaga agar si jantan tidak OB, dengan alasan jika hal itu terjadi pada saat indukan betina sedang dalam proses mengerami bisa mengakibatkan indukan betina merasa terganggu dan akhirnya tidak mau mengerami telur-telurnya.

Langkah yang bisa kita ambil jika memang kondisinya demikian, apalagi jika proses penjodohan yang kita lakukan dalam sebuah kandang koloni besar sehingga tidak semua pasangan dalam kondisi yang sama yang terkadang ada juga yang sedang membutuhkan makanan sebagai pendongkrak birahi seperti kangkung tersebut, maka jika demikian halnya, lebih baik ambil si jantan dan keluarkan dari kandang koloni dan pisahkan dari pasangan.

4.     Indukan Betina Kurang Fit (Sakit)

Pernah juga saya alami sendiri, setelah indukan bertelur sekitan 4 butir, indukan tidka mau mengerami, dan sepertinya kondisinya tidak fit yang ditandai dengan bulu-bulunya mengembang sehingga telur-tolur yang dihasilkan tidak dierami. Segera ambil tindakan dan obati secara cepat apabila hal itu terjadi untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses penetasannya.

5.     Glodok Keseringan Dibuka-buka oleh Pemiliknya

Hal yang satu ini juga sangat berpengaruh atas ketenangan indukan Lovebird saat mengerami. Terkadang tanpa disadari, rasa ingin tahu dan penasaran ada berapakah telur yang dihasilkan ? kita buka gelodok. Pada saat indukan sudah mulai mengerami, kita juga ingin banget tahu apakah betul telurnya dierami semua atau tidak, kita buka gelodok lagi, dan hal lainnya yang mengakibatkan kita sering membuka gelodok. Jika penjodohan yang kita lakukan adalah di kandang solitire maka perlakuan kita yang kita lakukan ini sangat berimbas pada ketengan indukan yang sedang mengerami dan tidka menutup kemungkinan indukan akan merasa terusik hingga akhirnya akan memilih keluar dari gelodok dan jika itu yang terjadi dengan seringnya indukan lovebir dkeluar dari gelodok maka bisa dipastikan hampir 80% telur-telur yang dierami tidak akan menetas.

Maka dari itu jika kita sebagai pembreeding pemula, sebaiknya 5 hal tersebut diatas agar lebih diperhatikan agar tingkat keberhasilan dalam beternak Lovebird bisa berhasil dan sukses. Terima kasih dan Salam suarakicau.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:

- lOVEBIRD warna Pulihan Violet, Pastel Vio
Cara Beternak Love Bird Secara Simpel
DOWNLOAD Suara Lovebird Ngekek Panjang MP3

0 Response to "Penyebab Indukan Lovebird Tidak Mau Mengerami Telurnya"

Post a Comment